Minggu, 09 November 2014



ABSTRAK
Rahmawati. 2014. Penerapan Media presentasi Untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika Peserta Didik Kelas VIII2 SMP negeri 4 bajeng Kabupaten Gowa. Skripsi.
Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. Pembimbing I Abd. Haris dan pembimbing II Rahmini Hustim.
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu seberapa besar hasil belajar IPA dengan menerapkan media presentasi pada peserta didik kelas VIII2 SMPN 4 Bajeng. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui hasil belajar IPA Fisika peserta didik kelas VIII2 SMPN 4 Bajeng sebelum diajar menggunakan media presentasi, (2) untuk mengetahui hasil belajar IPA Fisika peserta didik kelas VIII2 SMPN 4 Bajeng setelah diajar menggunakan media presentasi, (2) untuk mengetahui Peningkatan hasil belajar IPA Fisika peserta didik kelas VIII2 SMPN 4 Bajeng setelah diajar menggunakan media presentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen (One group pre test – post test design) yang dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu pre test, pemberian perlakuan, dan post test selama 6 kali pertemuan. Penelitian ini melibatkan dua variabel terdiri dari variabel terikat dan variabel bebas. Variabel terikat yaitu hasil belajar IPA Fisika dan variabel bebas yaitu pembelajaran dengan menggunakan media presentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik  kelas VIII2 SMP Negeri 4 Bajeng kabupaten Gowa. Hasil penelitian menunjukkan pada pretest peserta didik memperoleh skor rata-rata hasil belajar berada pada kategori cukup. Sedangkan pada posttest diperoleh skor rata-rata hasil belajar IPA Fisika berada pada kategori tinggi. Dan skor rata-rata uji gain ternormalisasi sebesar 0,41. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA Fisika peserta didik  kelas VIII2 SMPN 4 Bajeng meningkat dalam kategori sedang setelah diajar menggunakan media presentasi.


Kata Kunci: Media presentasi, hasil belajar

0 komentar:

Posting Komentar