ABSTRAK
Rahmawati. 2014. Penerapan Media
presentasi Untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika Peserta Didik Kelas VIII2 SMP
negeri 4 bajeng Kabupaten Gowa. Skripsi.
Jurusan
Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Muhammadiyah Makassar. Pembimbing I Abd. Haris dan pembimbing II Rahmini Hustim.
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu seberapa besar hasil belajar IPA dengan menerapkan media presentasi pada peserta didik kelas VIII2
SMPN 4 Bajeng.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui hasil belajar IPA Fisika peserta didik kelas VIII2 SMPN 4
Bajeng sebelum diajar menggunakan media presentasi, (2) untuk
mengetahui hasil belajar IPA Fisika peserta didik kelas VIII2 SMPN 4
Bajeng setelah diajar menggunakan media presentasi, (2) untuk mengetahui Peningkatan hasil
belajar IPA Fisika peserta didik kelas VIII2 SMPN 4 Bajeng setelah
diajar menggunakan media presentasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen (One group pre test – post test design)
yang dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu pre
test, pemberian perlakuan, dan post
test selama 6 kali pertemuan. Penelitian
ini melibatkan dua variabel terdiri dari variabel terikat dan variabel bebas.
Variabel terikat yaitu hasil belajar IPA Fisika dan variabel bebas yaitu pembelajaran
dengan menggunakan media presentasi. Subjek
dalam penelitian ini adalah peserta
didik kelas VIII2 SMP Negeri 4 Bajeng kabupaten Gowa. Hasil penelitian
menunjukkan pada pretest peserta didik memperoleh
skor rata-rata hasil belajar berada
pada kategori cukup. Sedangkan pada posttest diperoleh skor rata-rata hasil belajar IPA Fisika berada pada kategori tinggi. Dan skor
rata-rata uji gain ternormalisasi sebesar 0,41. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa hasil
belajar IPA Fisika peserta didik kelas VIII2
SMPN 4 Bajeng meningkat
dalam kategori sedang setelah diajar
menggunakan media presentasi.
Kata Kunci: Media presentasi, hasil belajar
0 komentar:
Posting Komentar