Kamis, 05 Desember 2013




 Guru           : Assalamu alaikum wr. wb.
Siswa          : Waalaikum salam wr. wb.
Guru           : Hari ini kita akan mempelajari tentang energi kinetik. Namun sebelum mengetahui lebih jauh mengenai energi kinetik tersebut, apa energi itu?

Siswa          : Energi adalah kemampuan suatu benda melakukan usaha.
Guru           : Ya, bagus. (penguatan) Kalau begitu, apa itu energi kinetik?
Siswa          : .... (tidak menjawab).

Contoh
Guru           : Misalnya, saya berjalan lambat. Apakah ada energi atau tidak?
Siswa          : Ada. (serentak)
Guru           : Kemudian, jika saya berjalan cepat ada energi atau tidak?
Siswa          : Ada. (serentak)
Guru           : Yang manakah lebih besar energinya, berjalan lambat atau berjalan cepat?
Siswa          : Berjalan cepat!
Guru           : Nah, kalau begitu energi bergantung pada apa? (menunjuk).
Siswa          : Kecepatan.
Guru           : Ya, seratus. Kemudian, jika orang kurus berjalan ada energi atau tidak?
Siswa          : Ada.
Guru           : Jika orang gemuk berjalan ada energi atau tidak?
Siswa          : Ada.
Guru           : Yang manakah lebih besar energinya, orang gemuk atau orang kurus?
Siswa          : Orang gemuk.
Guru           : Kalau begitu, energi juga bergantung pada apa? (menunjuk)
Siswa          : Massa.
Guru           : Jadi, apa itu energi kinetik? (menunjuk)

Dalil
Siswa          : Energi kinetik adalah energi yang bergantung pada kecepatan dan massa.
Guru           : Tepat sekali. Bagaimana rumus untuk energi kinetik?
Siswa          : ... (diam).

Pemberian Acuan
Guru           : Kalian telah mengetahui bahwa rumus usaha, W = F . s. Rumus Hukum II Newton, F = m . a, dan rumus GLBB untuk v0 = 0,  maka vt2 = 2 a s. Nah, kita bisa memperoleh rumus EK dari penurunan ketiga rumus tersebut. Bagaimana caranya, apa ada yang tahu?  
Siswa          : .... (tidak ada jawaban)

Pemberian Tekanan
Guru           : Perhatikan baik-baik, yang ini agak sukar!
        W = F.s, dengan mengganti  nilai F = m a. Maka persamaannya sama dengan apa?
Siswa          : W = m a. s
Guru           : Kemudian, untuk mencari nilai s dapat menggunakan rumus vt2 = 2 a s, persamaannya menjadi apa? (menunjuk)
Siswa          : s =  
Guru           : Maka W = m a . yang mana dapat dihabiskan?
Siswa          : yang percepatannya (a).
Guru           :  jadi persamaan tersebut menjadi W =  .  per dua kita pisahkan, maka persamaannya menjadi apa?
Siswa          : W =  m vt2
Guru           : W =  m vt2 maksudnya adalah usaha yang diperlukan untuk mengubah kelajuan suatu benda. Jika energi kinetik saya simbolkan dengan EK, maka persamaan tersebut menjadi apa?
Siswa          : EK =  m vt2

Guru           : Apakah kalian sudah paham dengan penjelasan tadi? (penggunaan balikan)
Siswa          : Sudah...

Pemusatan Perhatian
Guru           : Nah, ingat baik-baik rumus ini! Ini sangat membantu kalian dalam menyelesaikan soal-soal nantinya.
 Apa satuan energi kinetik dalam SI?
Siswa          : .... (tidak ada jawaban)
Guru           : Perhatikan. EK =  m vt2 ,   punya satuan atau tidak?
Siswa          : Tidak.
Guru           : m satuannya apa? (menunjuk)
Siswa          : kg.
Guru           : v satuannya apa? (menunjuk)
Siswa          : m/s.
Guru           : Jika v2 maka satuannya juga harus dikuadratkan. Maka satuan untuk v2 apa? (menunjuk)
Siswa          : m2/s2
Guru           : sehingga = EK= mv2
                                           = kg m2/s2    atau = joule.
                    Apa kalian sudah mengerti? 
Siswa          : Sudah...

Contoh
Guru           : Misalnya, sebuah bola sepak yang massanya 0,5 kg ditendang oleh seorang pemain. Kecepatan bola tersebut 10 m/s. Berapa besar energi kinetiknya?
                   Kita bisa menyelesaikan soal ini dengan rumus EK =  m v2. (menunjuk)
Siswa          : EK =  m v2  =   . 0,5 kg (10 m/s)2
                                         =     . 0,5 kg . 100 m2/s2 = 25 kg m2/s2 = 25 joule.
Guru           : Bagus, seratus buat kamu!
                     Jika m = 1 kg ; v = 20 m/s. Berapa energi kinetiknya? (menunjuk)
Siswa          : EK =  m v2  =   . 1 kg (20 m/s)2
                                         =     . 1 kg . 400 m2/s2 = 200 kg m2/s2 = 200 joule.
Guru           : Benar sekali. Jadi kesimpulannya, semakin besar massa dan kecepatan maka akan semakin besar pula...??
Siswa          : Energi kinetiknya.


    
<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-8614326868964712"
     crossorigin="anonymous"></script>

0 komentar:

Posting Komentar